Sabtu, 22 Oktober 2011

web hosting gratis

Apa itu domain?
Menurut Wikipedia, Nama Domain berarti “nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.”

Cara memiliki domain
Domain bisa kita miliki secara gratis, ataupun dengan membeli/menyewanya. Untuk yang gratisan, anda bisa mencarinya di google search dengan kata kunci free domain. Tapi untuk menghemat waktu, saya merekomendasikan Anda menggunakan free domain dengan ekstensi .co.cc yang bisa Anda dapatkan secara gratis setelah mendaftar di sana. Langsung saja klik co.cc . Pada CO.CC Anda dapat memiliki domain secara gratis yang hasilnya akan menjadi (misalnya) www.namaAnda.co.cc. Contoh www.acehkaya.co.cc.
Adapun untuk mendapatkan domain yang tidak gratis, seperti .com, .net, .org, .biz, dan lain sebagainya, Anda bisa membelinya melalui reseller yang sudah sangat banyak di indonesia, salah satunya adalah www.DijaminMurah.com.


Apa itu Web Hosting?
Definisi resmi web hosting saya benar-benar tidak tahu dan tidak berusaha untuk mencari tahu. Saya mengetahui pengertian web hosting begitu saja, begitu tahu saja. Yaitu semacam space atau ruangan di internet tempat kita menyimpan data website kita sehingga website kita bisa diakses di internet.

Cara memiliki Web Hosting
Sebagaimana domain, web hosting juga ada yang menyediakan secara gratis dan adapula yang membuat kita harus membayar untuk menggunakannya. Salah satu web hosting gratis adalah www.000webhosting.com.
Oke, saya rasa persiapan untuk memiliki sebuah website sudahlah cukup, setidaknya untuk tahap awal. Yaitu memiliki domain dan hosting. Yang kemudian akan kita padukan antara keduanya sehingga web kita bisa diakses khalayak ramai di world wide web.

-------->
Setelah kita memiliki domain dan hosting, untuk membuat sebuah website dan bisa online sehingga web kita bisa di akses para netter, kita membutuhkan sebuah CMS (Content Management System) yang dapat mempermudah kita dalam membuat dan mengelola website kita. Sebenarnya bisa saja sih kita membuat website tanpa CMS, yaitu dengan membuat file html biasa dan meng-uploadnya ke web hosting. Namun melakukan hal seperti itu sangatlah tidak praktis, merepotkan, dan tidak profesional, serta tidak flexibel, bahkan tidak berseni. Dengan adanya CMS, pembuatan dan pengelolaan website dapat lebih praktis, fleksibel dan bisa dikostumisasi dengan bebas.

CMS itu sendiri banyak jenisnya. Ada yang hanya bisa berfungsi sebagai blog saja (seperti blogspot), ada pula yang berfungsi sebagai foto gallery, ada yang berfungsi sebagai social networking (mirip friendster), ada yang berfungsi sebagai toko online (e-commerce), forum, portal, wiki, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan ini, saya mecoba untuk berbagi sedikit pengetahuan tentang salah satu CMS populer: WordPress. WordPress merupakan salah satu CMS yang sangat powerfull. Secara umum WordPress berfungsi sebagai blog. Namun dengan tambahan berbagai fitur melalui plugin, WordPress bisa kita sulap menjadi berbagai macam web: iklan baris, toko online, atau bahkan social network.
Namun saya tidak akan menjelaskan satu persatu dari berbagai fitur, kelebihan atau kekuaran dari WordPress, dan saya juga tidak akan membahas perbandingan antara WordPress dan CMS lainnya.
Kali ini saya hanya sekedar ingin berbagi trik menggunakan WordPress sebagai engine website kita. Atau lebih tepatnya lagi: Cara menginstall WordPress dengan menggunakan Domain Co.Cc dan WebHosting 000webhost.com.

Pertama, miliki segera free domain Co.Cc dengan mendaftarkan diri Anda di Co.Cc. Klik disini dan lakukan pendaftaran sebagaimana biasanya, yaitu dengan mengisi formulirnya. Atau jika bingung cara mendaftarnya, silakan klik disini untuk membaca paduan sederhana mendaftar di Co.Cc.

Kedua, setelah mendaftar dan mendapatkan domain gratis di Co.Cc, Anda akan dihadapkan pada 3 (tiga) pilihan fasilitas yang tersedia di Co.Cc, diantaranya Manage DNS, Manage Zone Record, dan URL Forwarding. Untuk menggunakan domain Co.Cc ini di WordPress kita, pilih fasilitas Manage DNS dan gunakan name server berikut ini:

* ns1.000webhost.com
* ns2.000webhost.com

Ketiga, tuju halaman www.000wehbost.com, klik disini. Kemudian klik tombol Sign Up. Setelah klik tombol sign up, Anda akan dihadapkan pada halaman order. Untuk domain, ketik domain yang sudah Anda daftarkan di Co.Cc tadi.
Ketik nama Anda pada field Your name. Ketik email Anda pada field Your email. Ketik password dan verifikasi password. Kemudian ketik angka anti spam tersebut. Dan klik tanda centang I agree to Terms Of Services dan klik Create My Account.

Keempat, Setelah Anda terdaftar, masuk bagian control panel dan klik tombol Fantastico Auto Installer. Plilih WordPress dan klik New Installation. Ketik username dan password Anda. Kemudian klik Install. Tunggu beberapa saat (sekitar 2 menit) hingga WordPress Anda selesai diinstall.

Oke, sepertinya tahap-tahap installasi wordpress Anda sudah selesai. Tapi itu menggunakan fasilitas Auto Install loh, cuma klik-klik doang. Jika ingin sedikit repot, Anda bisa melakukannya secara manual dengan meng-upload CMS wordpress ke web hosting. Dimana Anda bisa mendapatkan CMS WordPress? klik www.wordpress.org dan tuju bagian download. Maka di halaman tersebut kita dapat mengunduh (download) file wordpress yang sizenya sekitar 1MB.

Nah, anggaplah kini Anda sudah berhasil menginstall WordPress Anda. Untuk melihat hasilnya, anda bisa akses domain Anda dengan langsung mengetik di browser alamat web Anda. Contoh: acehkaya.com atau acehkaya.co.cc. Untuk mengconfigurasi, mengubah tema (layout), menulis artikel baru, atau melakukan hal-hal webmaster/blogmaster lainnya, anda bisa login dengan alamat: domainAnda/wp-admin. Contoh: acehkaya.com/wp-admin.

Sedikit catatan ringan, untuk menghubungkan domain dan web hosting Anda, akan sedikit membutuhkan waktu, maksimal 48 jam. Tapi tergantung keberuntungan juga yach…terkadang cuma butuh 1 jam saja, maka web kita sudah online.

5 komentar:

Mengenai Saya

Foto saya
gw.. rock n roll yg gk toLol..\m/
 

Design By:
SkinCorner